Jumat, 14 Desember 2012

Jenis Riset Penelitian

Jenis Riset Apa yang akan Digunakan?
Penulisan sebuah karya tulis ilmiah tidak pernah lepas dari riset. Tentu saja harus sudah ditentukan sejak awal agar karya tulis Anda dapat lebih fokus dan tertata guna memberikan sebuah pencerahan yang bersifat ilmiah. Ada beberapa jenis riset yang perlu diketahui untuk mengembangkan ide atau gagasan ilmiah yang akan dituangkan dalam sebuah karya tulis. Adapun jenis riset itu mengikuti beberapa pola penelitian yang akan ditentukan oleh seorang peneliti. Tiap-tiap jenis riset tentu memiliki kelemahan dan kelebihan yang bisa Anda gali supaya bisa menggunakan riset yang pas, efektif, dan efisien. Tak jarang, pemilihan riset selalu berkaitan dengan tujuan dan dana yang disediakan untuk menunjang sebuah penelitian.

Jenis Riset yang Berpola pada Cara Pengumpulan Data
Penelitian primer, yakni pendekatan penelitian dengan cara mengumpulkan data dari responden secara langsung oleh peneliti. Data yang digunakan bukan dari hasil pengumpulan sebelumnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian primer ini dapat berupa kuisioner, wawancara, observasi, opinion pooling.
Penelitian sekunder, yakni pendekatan penelitian yang menggunakan data-data yang sudah ada untuk dianalisis dan diinterpretasi sesuai tujuan peneliti. Data-data yang sudah ada itu bisa berupa hasil kajian sejarah atau data kepustakaan yang sudah ada.

Jenis Riset yang Berpola pada Proses Penelitian
Penelitian observasional, yakni penelitian ketika peneliti hanya melakukan observasi tanpa memberikan intervensi atau perlakuan pada variabel yang akan diteliti.
Penelitian eksperimental, yakni penelitian ketika peneliti melakukan intevensi atau perlakuan tertentu pada variabel yang akan diteliti.
Penelitian ini biasanya bertujuan untuk menemukan sebab-akibat atau pengaruh faktor-faktor dengan kondisi tertentu. Peneliti berusaha menjelaskan, mengendalikan. Bahkan, meramalkan sesuatu dengan pendekatan ilmiah.

Jenis Riset yang Berpola pada Metodologi Analisis
Penelitian deskriptif, yakni metode penelitian yang berusha menggambarkan dan menginterpretasi variabel yang diteliti dengan apa adanya. Penelitian deskriptif juga biasa dikenal dengan penelitian noneksperimen karena tidak melakukan kontrol dan manipulasi terhadap variabel yang akan diteliti. Penelitian ini seringkali menguji suatu hipotesis yang berkaitan dengan keadaan sekarang dengan melaporkan hasil penelitian secara apa adanya.
Penelitian inferensial atau analitik, yakni pendekatan penelitian dengan menganalisis dan mengambil simpulan serta membuat keputusan berdasarkan analisis variabel penelitian.

Itulah beberapa jenis riset yang telah dijabarkan. Kini, Anda bisa mulai menentukan jenis riset mana yang akan dipilih untuk menunjang penulisan karya ilmiah. Selamat meneliti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar